Monday, November 10, 2014

GOWIND : GO WITH THE WIND..!

Akhirnya pupus sudah ambisi Malaysia untuk coba unjuk gigi di pentas dunia dengan mengukir sebuah mahakarya Eropa dalam bentuk kapal perang jenis Littoral Combat Ship Gowind Class, yang dirancang oleh sebuah peusahaan industri strategis Perancis, DCNS..!
Ditengah tekanan dari dalam negeri sendiri, akhirnya tim dari Perancis menyimpulkan penilaiannya terhadap kapasitas perusahaan lokal Malaysia, Boustead Naval System, bahwa perusahaan tersebut dinilai belum dan tidak akan mampu mengerjakan project sesuai standard yang telah ditetapkan..!
Demi menjaga reputasi dan kualitas produk, akhirnya kemarin panglima Royal Malaysian Navy bertolak ke Perancis untuk menyaksikan penandatanganan kesepakatan baru. Dalam kesepakatan itu hanya dimungkinkah bahwa Malaysia akan mengerjakan tahap finishing, yang artinya, kapal akan dikerjakan seluruhnya di Perancis, untuk kemudian di thowing ke Malaysia untuk dilengkapi..!
Sempat mencuat ide untuk menerapkan skema dan konsep sebagaimana diterapkan oleh Indonesia dengan Belanda dan Korea, namun lagi-lagi Malaysia tidak siap dengan SDM yang mampu memenuhi standard DCNS..! Sangat memprihatinkan..!


8 comments: