Monday, November 10, 2014

SECRET EXCHANGE : Nonblok atau Nomplok..?

Masih ingat dengan kunjungan fenomenal Panglima TNI Jenderal Moeldoko ke China beberapa waktu lalu..?
Tahukah anda jika sejak saat itu semua negara di dunia mulai mengatur irama langkah mereka dalam menghadapi kiprah Indonesia. Waktu itu Moeldoko diajak bersafari ke lorong-lorong dapur partahanan China. Bisa dibilang saat itu China rela menjajakan auratnya di hadapan salah satu pemimpin terkemuka Indonesia. Sesuatu yang tak biasa dan hingga saat ini para tetangga dan kompetitor Indonesia masih terus mencari motiv yang ada disebaliknya.
Kemarin, tirai selubung itu sedikit terkuak di Kazakhstan. Manuver Indonesia ternyata telah menimbulkan kecemasan tersendiri yang tidak mungkin sirna hanya dengan mengedepankan kebencian. Indonesia harus menjadi aktor perdamaian dunia..! Karena nyatanya, panggung atau peran yang ada sangat cocok atau bahkan lebih cocok jika diperankan oleh Indonesia. Tidak heran jika Germany dan USA tampak melunak dan sedikit menjinak.
Adalah China yang sesungguhnya masih dilematis dan masih mencari-cari bentuk koalisi yang saling menguntungkan dengan negara lain. Ketika disibukkan dengan masalah Laut China Selatan/LCS, sesungguhnya pada saat yang sama, China akan dan sedang menghadapi tekanan yang jauh lebih kuat dan riil dari Jepang dan USA..!
Meskipun kita melihat postur pertahananan China yang kian tumbuh dan kuat, nyatanya China sendiri sangat mengenali kelemahan diri yang dimilikinya. Dan untungnya mereka juga sangat mengetahui pihak mana yang mampu menambal kelemahan itu. Maka sejak tahun 2012, China mulai agresif mendekati Indonesia untuk menjalin kerjasama secara lebih intensif. Dalam diam, dua negara mulai melakukan pertukaran data rahasia dan jaminan perlindungan pertahanan..!
Hal inilah yang kemudian menyebabkan sebagian negara mulai merapat ke USA, dan sebagian lagi justru merapat dengan Indonesia, China dan Russia..!
Ketika terjadi petaka pesawat MH370, serentak hampir semua bangsa Barat menunjuk Indonesia dan China sebagai pihak yang menyembunyikan data satelit. Sebuah tuduhan keji..?
Ternyata tidak..! Indonesia dan China rupanya telah menyepakati perjanjian pertukaran data satelit. Semua data satelit maritim China, bisa secara bebas diakses dari radar yang secara khusus dirancang oleh para ahli radar Indonesia. Bisa jadi inilah biang kecemburuan yang sesungguhnya. Hadirnya pesawat-pesawat gelap sipil asing yang bisa dengan mudah terendus oleh radar Indonesia, adalah jawaban nyata yang jauh lebih bermakna dari jutaan kata-kata. Sebagaimana diungkapkan oleh seorang wartawan Reuters, kesiagaan Air Guard Indonesia sudah melebihi kemampuan beberapa negara kuat lainnya, dan yang paling mengejutkan adalah saat dia mengungkapkan hasil wawancaranya dengan seorang perwira pengajar di Indonesia Defence University, bahwa siapa pun boleh mencoba ketahanan udara kami saat ini. Kami telah menyiapkan jet pemburu di beberapa titik, bahkan jika perlu, sebuah rudal maut akan meluncur dari belahan dunia lain..! (?)


2 comments:

  1. salam kenal. saya admin website kodam17cenderawasih.mil.id , saya suka tulisan-tulisan pak yayan yang membakar rasa bangga terhadap NKRI. mungkin kita bisa saling share dan bertukar pikiran. saya tunggu respon bapak di info@kodam17cenderawasih.mil.id ,,,,, atas perhatian bapak saya ucapkan banyak terimakasih.

    ReplyDelete