Monday, November 10, 2014

MEMBACA LANGKAH

Kadang mungkin kita merasa penasaran dan geregetan, ingin mengetahui apa dan bagaimana hubungan antara Indonesia dan negara-negara sahabatnya dimasa yang akan datang. Atau, anda juga ingin mengetahui alutsista jenis apa saja yang sedang diincar oleh Indonesia. Berikut adalah tips yang ingin saya bagi untuk sahabat Patriot Garuda. Semoga bermanfaat..!
Saya berani bilang bahwa kekuatan tempur di udara kita akan tetap berkiblat ke Russia. Karena sejak diangkatnya sahabat saya yang juga mantan penerbang Su 30 Mk2 menjadi atase pertahanan RI di Russia, saya menjadi kian tahu arah kiblat pertahanan udara kita. Dari sini pula saya mulai mengerti dan bisa meraba ke arah mana kita sedang bergerak..!
Adapun untuk artileri pertahanan udaranya, dari dulu juga bisa ditebak dan ternyata akurat, kita mengadopsi Air Forceshield berbasis Starstreak dari Inggris. Sedangkan untuk keperluan TNI AD, saya perkirakan akan lebih dominan didatangkan dari Perancis. Terutama saya melihatnya dari pengangkatan Mayjen Hotmangaradja Pandjaitan, yang tak lain adalah putra dari pahlawan revolusi, DI. Pandjaitan, serta mantan Pangdam IX Udayana, yang jauh sebelumnya juga pernah menjabat Athan RI untuk Jerman..!
Yang menarik tentu saja penunjukan Marsekal Totok Riyanto sebagai Dubes RI untuk Brazil..! Sepertinya project Tucano dan kerjasama PTDI dengan Embraer akan memasuki jilid 2. Lelaki mantan penerbang tempur aerobatik the Red Arrow ini, pernah digadang-gadang sebagai Panglima TNI dari matra udara, sebelum kandas oleh rekan seangkatannya, Djoko Suyanto.
Lalu bagaimana dengan matra laut..? Secara teori, sektor ini akan disupply oleh gabungan Jerman, Turkey, Korea, Spain, Belanda, Poland dan Russia..!
Kenapa Russia masih terlibat dalam matra laut kita..? Hahaha..! Perjanjian 2008, ternyata adalah sebuah perjanjian luar biasa, yang tak seorangpun akan menyangka hingga sejauh dan seluas itu. Untuk yang satu ini, maaf, no comment..!

3 comments:

  1. Kenapa Russia masih terlibat dalam matra laut kita..? Hahaha..! Perjanjian 2008, ternyata adalah sebuah perjanjian luar biasa, yang tak seorangpun akan menyangka hingga sejauh dan seluas itu. Untuk yang satu ini, maaf, no comment..!

    Saya tau..saya tau.( sambil tunjuk tangan..heheh)

    ReplyDelete
  2. Hehehehe...jd pnsaran nih...ada clue'y...?

    ReplyDelete
  3. Bro, no commentnya kirim ke email saya : mamink89@yahoo.com

    Best Regards

    ReplyDelete