Sunday, January 11, 2015

EFICIENCY AND EFECTIVENESS

Kata-kata itu berulang disebut oleh warga Jepang yang sedang menginap di hotel kami. Semalam suntuk saya harus menemani mereka menyambut malam pergantian tahun baru 2015..! Tidak ada shake, bir ataupun wine, yang ada cuma jasmine tea dan kopi. Kami menikmatinya sambil mengamati perkembangan berita evakuasi korban kecelakaan Air Asia. Berkali-kali pula sanjungan meluncur dari mulut mereka. Bukan sesuatu yang mudah, bekerja di bawah kedalaman laut..! Ujar seorang kakek, yang hampir seluruh hidupnya dihabiskan dalam dunia penyelaman.
Hal terpenting yang harus kita tiru dari team Search and Rescue Indonesia adalah management yang dinilainya sangat efective dan efisien. Memahami kemampuan diri, dan tahu apa kekurangannya, sehingga bisa dengan mudah mengetahui jenis bantuan apa yang masih diperlukan. Sikap rasional inilah yang seringkali diabaikan oleh team serupa di belahan dunia manapun.
Sangat tersanjung meski duka masih bersemayam dalam hati yang mendung..! Benar kata para ahli, karakter bencana itu tak ubahnya seperti perang, datangnya kadang tiba-tiba dan sulit diduga. Keduanya sama-sama bisa membuat binasa..! Jadi untuk mengukur kemampuan perang militer sebuah negara, sangat bisa diukur dari sejauh mana mereka bisa menangani bencana di negerinya..!
Bencana..? Asah strategi dan siapkan taktik, bukan magic..! Hehehe..! Maaf Datuk..!

No comments:

Post a Comment