Sunday, January 11, 2015

INDONESIA : Ini Gaya Gua..!

Ada perbedaan mencolok dari gaya diplomasi yang dilakukan Indonesia pasca isu pembelian alutsista secara besar-besaran. Selama ini dunia sudah mafhum jika sikap Indonesia selalu santun dan cenderung mengalah..!
Tapi kali ini, tidak..! Berawal dari claim China atas wilayah laut China selatan yang dipetakan dalam rilis the nine dash linenya, Indonesia adalah negara yang secara gentle mau dan mampu mendatangi kandang singa yang mulai angkuh dengan taringnya yang menyeringai..! Moeldoko dengan lantang mengingatkan China untuk tidak memulai permasalahan dengan Indonesia. Natuna adalah milik Indonesia, bukan milik mereka..!
Apakah kita takut..? Tidak..! Dan sikap jantan Indonesia ini rupanya mampu diterka oleh para pemimpin China..! Keberanian bangsa Indonesia ternyata tidak pernah berubah, dari sejak zaman Majapahit yang mampu memenggal kepala panglima tentara kerajaan Mongolia. Ikatan sejarah itu masih utuh melekat dalam benak dan mentalitas para pemimpin China. Dunia pun terhenyak..! Indonesia masih ada, yang artinya bahwa perdamaian masih akan terus tumbuh di selatan..!
Kali ini, sikap yang sama kembali ditunjukan oleh Indonesia terhadap Amerika. Setelah beberapa peristiwa kerusuhan terjadi di bumi Papua, sang jenderal berjuluk 'the single name general' ini langsung mengunjungi negeri Paman Sam..!
Di Washington, hari ini sang jenderal itu menemui koleganya, dan kembali mengingatkan agar tidak bertindak bodoh keterlaluan..! Kami tidak akan pernah gentar..! Kami adalah jantan, dan bukan sekedar pejantan..! Jangan macam-macam, karena bangsa kami tidak akan tinggal diam..!

1 comment:

  1. indonesia kunci perdamaian benua asia, indonesia pemegang kartu AS, mudah bagi indonesia untuk meledak kan konflik, harapan saya indonesia tetap netral bebas aktif, ekonomi kuat, militer kuat, tetap manunggal TNi dan sipil, pak mul hebat, indonesia hebat

    ReplyDelete