Sunday, February 8, 2015

MALAYSIA TAWARKAN PROTON PADA INDONESIA

Sejatinya, Proton sudah bukan lagi milik pemerintah..! Perusahaan otomotif Malaysia ini beberapa tahun lalu sudah berpindah tangan pada swasta. Namun bagaimanapun, seluruh stake holder yang ada masih merasakan kegundahan yang dalam, melihat geliat yang diperlihatkannya tak kunjung memuaskan..!
Di Eropa, brand otomotif ini selalu mendapat cibiran. Di Asean sendiri hingga kini belum juga mendapat sambutan. Berbagai upaya telah dilakukan, dari mulai beraliansi dengan Mitsubshi, mengakuisi teknologi Gen Two dari Perancis, bahkan harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mengakuisisi perusahaan otomotif Lotus dari Inggris. Harapannya, tentu saja agar kelak industri otomotif Malaysia bisa mandiri dan sejajar dengan industri sejenis dari Korea dan negara-negara lainnya.
Namun sayang, harapan itu sepertinya masih jauh panggang dari pada api..! Penjualan produk Proton, di pasar domestik Malaysia, hingga kini tidak pernah mencapai target yang diharapkan. Posisinya selalu kalah dengan brand lain yang ada, yakni Perodua..! Padahal kini, Proton sendiri dibangun oleh konglomerasi Perodua..! Kutukan apakah gerangan yang ditanggung oleh produk kebanggaan Malaysia ini..? Hehehe
Dalam kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo ke Malaysia, pemerintah Malaysia melalui Perdana Menterinya akan secara resmi menawarkan Proton untuk dibangun oleh dua negara...!
Pertanyaannya, dimanakah nilai strategisnya bagi Indonesia..? Andaipun kelak di tangan Indonesia, merek Proton bisa menuai sukses, akankah si mbah Google berani mengubah data searching tentang mobil Proton ini menjadi milik Indonesia..? Hehehe..! Jika tidak, kehadirannya justru hanya akan memperkeruh suasana, kebencian antar kedua negara diperkirakan akan semakin meruncing..!






No comments:

Post a Comment