Wednesday, June 24, 2015

BETAPA INDAHNYA GERMANY..!

Tidak seperti Amerika, Russia atau pun China, meski Germany masih menempatkan diri sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan militer dunia terbesar, namun nyatanya negeri Bavarian ini sudah tidak lagi memikirkan apa yang disebut sebagai efek deterrence atau efek penggentar. Bagi Germany, kehidupan yang tenang dan damai tanpa permusuhan, adalah tujuan hidup bernegara yang paling utama.
Dikenal sebagai rahim bagi lahirnya teknologi dan para saintis kelas dunia, tidak membuat Germany menjadi bangsa yang pongah, merusak alam dan mengabaikan kelestariannya. Hal ini dibuktikan dengan keputusan Germany untuk menutup seluruh reaktor nuklir yang dimilikinya, namun terus menggali manfaat dan solusi untuk mereduksi efek negatif dari teknologi nuklir yang dimiliki oleh dunia. Tidak memiliki bangunan pencakar langit yang mencatatkan rekor dunia, namun tetap dipercaya sebagai kiblat teknik sipil terbaik di dunia, dan bahkan rata-rata pencakar langit yang ada saat ini merupakan buah karya dari para insinyur Germany. Membatasi kecepatan kereta api di negerinya, namun membiarkan karya anak bangsanya melesat tanpa batas di negeri China. Tidak memiliki pusat peluncuran roket ruang angkasa, namun mampu menguasai seluruh pusat peluncuran wahana ruang angkasa di seluruh dunia. Tidak bernafsu menyaingi pangsa pasar otomotif Jepang, namun memilih fokus untuk mendalami segment yang diyakininya lebih baik dan lebih aman. Kini dunia menyaksikan dengan mata kepala sendiri, meski Toyota pernah mencatatkan diri sebagai perusahaan otomotif terbesar dunia, namun disaat yang sama, dunia semakin mengakui dan meyakini nilai tambah yang diusung oleh teknologi otomotif Germany. Di saat perusahaan Jepang masih fokus memikirkan mobil murah, Germany sudah memasuki era engine V-shave..! Saat mobil-mobil Jepang sedang giat mengadopsi teknologi engine V6-V8, perusahaan otomotif Germany sudah akrab dengan engine V12, bahkan saat ini, Germany tercatat sebagai satu-satunya negara yang sudah secara nyata mengadopsi engine V24 yang dicangkokan ke dalam mobil karya anak bangsanya di Perancis, Bugati Veyron.
Pasca unifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur, dunia sudah mulai melihat banyak perubahan pada diri Germany. Bermodalkan kekuatan ekonomi, keuangan dan sistem perbankannya, Germany menjelma menjadi motor penggerak ekonomi Eropa, dan menjadi kunci utama terwujudnya Uni Eropa saat ini. Germany adalah anggota terpenting NATO di Eropa, namun menjalin hubungan yang sangat erat dengan Russia, yang notabene adalah negara yang telah merebut German Timur dari pangkuannya di era Uni Soviet dulu.
Dengan tetap membiarkan Amerika sebagi poros aliansinya, dan menjalin hubungan special dengan Russia, kini Germany seperti telah menemukan bentuk kehidupan yang dicarinya. Menegakan perdamaian tanpa harus terlibat peperangan, adalah solusi damai yang diusahakannya. Germany telah dan akan terus berupaya untuk bersikap kooperatif dengan bangsa manapun demi menegakkan perdamaian dunia. Seiring dengan terwujudnya damai, perdamaian dan kedamaian di negerinya, Germany mulai menarik diri dari kesibukan militer dunia, bahkan tangsi-tangsi militer yang dimilikinya, akan disulap menjadi taman dan pusat-pusat perlidungan hewan-hewan langka..!
Jika ilmu sudah ada dipuncaknya, yang dicari bukan lagi pengakuan, melainkan ruang untuk pengabdian. Bukan lagi penggentar, namun keinginan untuk mendengar..! Semoga kelak, bangsa kita mampu mewujudkan diri menjadi bangsa yang paripurna..! Aamiin..



No comments:

Post a Comment