Monday, October 13, 2014

SUPER-SOPAN DIPLOMACY ALA SBY

Masih ingatkah dengan keunjungan SBY ke Inggris..? Tahukah anda jika SBY adalah pemimpin Indonesia ke dua, setelah sebelumnya ada Soeharto yang berhasil merontokkan hati Inggris.
Mari kita cermati, selalu ada fenomena menarik setiap kali kita berhasil meluluhkan hati mereka. Di era Soeharto, Inggris bersedia mengeksport senjatanya ke Indonesia, dan menolak keinginan pemimpin GAM agar Inggris turut dalam urusan konflik Aceh..!
Sedangkan pasca kunjungan SBY, detail kesepakatannya belum jelas, tapi tidak perlu takut, hal yang sama juga terjadi pada detail kesepakatan dengan Soeharto. Pendek kata, Inggris menyukai kesepakatan bilateral yang bersifat tertutup, namun dengan hasil nyata yang bisa dilihat oleh mata di seluruh dunia..!
Hasilnya..! Aceh gagal bergabung dalam aliansi pembentukan negara Islam Melayu Bersatu. Dan terakhir, konflik Papua mengalami penurunan tensi dan hubungan Indonesia, Australia dan USA mengalami peningkatan kelas diplomasi. Artinya, bagi negara Eropa dan Amerika, Indonesia sudah tidak lagi dianggap sebagai anak kecil yang harus ditakut-takuti..! Soal senjata..? Hahaha:.! Be a quite elite..! We are champagne, not only wine..!


No comments:

Post a Comment